Pengertian Etiket
Istilah etiket berasal
dari bahasa Perancis etiquette yang berarti kartu undangan yang khusus
di pakai raja-raja untuk menyelenggarakan pesta.Lama-kelamaan, istilah etiquette
berkembang maknanya , bukan lagi berarti kartu undangan, tetapi lebih
menitikberatkan pada tata cara berbahasa yang sopan, tata cara menerima tamu di
rumah atau di kantor serta, sopan santun yang lainnya yang berlaku dalam
pergaulan.
Jadi, etiket adalah aturan
sopan santun dalam pergaulan yang berdasarkan rasa hormat terhadap orang
lain. Dalam buku karangan Lady Troubridge yang berjudul Book of Etiqutte,makna
etiket di katakan sebagai berikut:
‘’Etiqutte is, so speak, the
key that opens for us the portalsof broader life in which we can find greater
social hapiness’’
Etiket adalah suatu kunci membuka
pintu gerbang kehidupan yang lebih luas, dimana kita dapat menemukan
kebahagiaan pergaulan yang lebih baik.
Etiket dalam Bisnis
Etiket merupakan salah satu sarana
penting untuk memperoleh kemajuan dan kesuksesan dalam dunia bisnis. Setiap
orang yang terjun dalam dunia bisnis hendaknya mempunyai kemajuan untuk
bertindak sopan, baik terhadap atasan dan rekan sekerja, maupun terhadap
bawahannya. Betapapun sibuknya kita, tidak ada alasan yang dapat diterima untuk
bertindak kasar atau tidak sopan, dimana pun kita berada. Kita perlu
memperhatikan perasaan orang lain, sebab orang lain, lain pula pikirannya. Kita
juga harus toleran terhadap pendapat orang yang berbeda dengan pendapat kita
sendiri.
Manfaat Etiket
Pengatahuan tentang etiket sangat
bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan kita mengetahui etiket kita
dapat lebih mudah berinteraksi dengan orang lain. Selai itu, kita juga akan
(lebih) dihargai, dihormati dan disenangi oleh orang-orang di sekitae kita.
Secara lebih rinci, manfaat
etiket dapat dijabarkan sebagai berikut:
-Untuk menciptakan suasana yang
menyenangkan dengan rekan sekerja maupun kenalan dengan teman-teman kita.
-Untuk dapat lebih percaya diri
dalam menghadapi orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat
-Untuk meningkatkan citra pribadi
maupun citra perusahaan.
Apa yang harus dilakukan
agar orang menyukai kita ?
Agar orang menyukai kita, maka
kita perlu memperhatikan sikap-sikap berikut ini:
-Sopan dan ramah kepada siapa
saja
-Penuh perhatian terhadap orang
lain
-Tidak menyinggung perasaan orang
lain
-(Selalu) bersedia membantu
-Memiliki toleransi yang tinggi
-Dapat mengendalikan emosi dalam
setiap saat
Singkatnya dapat dikatakan bahwa kita
harus selalu berusaha menyenangkan orang lain
Perbedaan Etiket
Dasar dari aturan-aturan yang
terkandung dalam etiket berasal dari adat istiadat atau tradisi dari suatu suku
atau bangsa tertentu, padahal kehidupan bermasyarakat tidaklah sama dimana-mana.Hal
ini menyebabkan etiket di suatu negara/daerah berbeda atau bahkan bertentangan
dengan etiket di negara/daerah lainnya.
Jika kita ingin (lebih) berhasil
dalam pergaulan, maka selain mengetahui etiket dari negara/daerah sendiri, kita
juga harus mengetahui etiket dari negara/daerah lain. Pengetahuan ini akan
sangat membantu kita dalam berinteraksi dengan bermacam-macam orang dan dapat
menghindarkan terjadinya kesalahpahaman
Fleksibilitas atau keluwesan dalam
pergaulan adalah kemampuan seseorang untuk cepat menyesuaikan diri terhadap
lingkungan maupun keadaan yang berbeda-beda. Dengan demikian ia dapat diterima
dengan baik oleh orang lain.
Kesan Pertama
Membuat kesan pertama yang baik
sangatlah penting sebab orang pada umumnya menilai kita berdasarkan kesan
pertama kita terhadapnya, yaitu berupa:
-Penampilan
-Ekspresi wajah (senyum)
-Personal contact (cara
jabat tangan)
-Cara bicara
-Suara
Dalam pergaulan, kontak pertama
dengan seseorang baru terjadi pada saat berkenalan.
Cara berkenalan
Ketika berkenalan dengan
seseorang, baik itu memperkenalkan diri maupun diperkenalkan orang lain,
perhatikanlah hal-hal berikut ini:
-Yang muda diperkenalkan kepada
yang lebih tua
-Pria diperkenalkan kepada wanita (kecuali
jika pria tersebut adalah orang yang harus dihormati, seperti: presiden,
menteri, gubernur, tokoh agama, duta besar negara asing, atau jika beliau lebih
tua dari wanita).
-Waktu memperkenalkan seseorang,
berilah sedikit keterangan mengenai orang yang bersangkutan supaya komunikasi
cepat lancar
-Tidak perlu memperkenalkan orang
di tempat-tempat umum atau ramai (misal: tempat berbelanja, restoran, lift,
bis, tempat ibadah, tempat kedukaan).
Cara Berjabat Tangan
Pada saat kita berjabatan dengan
derigan seseorang, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, yaitu:
-Ulurkan tangan
-Jabatlah tangan dengan sedikit
menekan
-Tataplah mata
-Senyum
-Tubuh sedikit condong ke depan
-Jika kurang jelas mendengar nama
orang, boleh tanya lagi
-Wanita maupun pria yang berusia
lebih tua atau berkedudukan lebih tinggi mengulurkan tangannya lebih dulu waktu
berkenalan dan ini berlaku sebatas mahromnya
-Wanita tidak usah berdiri waktu
berkenalan kepada pria
-Wanita berdiri jika
diperkenalkan kepada : 1)Wanita yang lebih tua, 2) Pria yang lebih tua minimal
20 tahun , 3) Pria yang pantas dihormati/disegani.
-Tuan dan nyonya rumah selalu
berdiri untuk menyambut tamu yang baru
datang atau tamu yang akan pulang.
Dalam pergaulan, wanita dapat`di
dahulukan (ladys first) atau tergantung etika yang disepakati dalam
organisasi, akan tetapi di kantor, kedudukan pangkat atau jabatanlah yang
menentukan siapa yang harus didahulukan.
Cara Berbicara
Cara kita berbicara adalah sangat
penting, baik dalam pergaulan sehari-hari maupun dalam dunia bisnis. Karena
itu, pada saat berbicara kita perlu
memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
-Melihat/menatap lawan bicara
-Suara harus jelas terdengar
-Ekspresi wajah yang ceria
-Menggunakan kata bahasa yang
baik
-Memberi penjelasan yang singkat
dan mudah difahami
Mengusahakan pembicaraan
yang menarik.
Berhasil tidaknya pembicaraan
kita tergantung pada usaha kita menjadikan pembicaraan itu menarik, makanya
kita harus:
-Berkeinginan menuenagkan
lawan bicara
-Memiliki pengetahuan umum yang
luas, banyak membaca
-Bisa menyesuaikan diri dengan
lawan bicara
-Memperhatikan lawan bicara
-Memiliki rasa humor
-Memberi komentar berdasarkan
pengetahuan atau pengalaman
-Tahu memberi pujian (compliment)
-Bisa menjadi pendengar yang baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar