Cari Blog Ini

Rabu, 28 November 2012

Komunikasi Efektif Melalui Pengembangan Etiket


Pengertian Etiket
Istilah etiket berasal dari bahasa Perancis etiquette yang berarti kartu undangan yang khusus di pakai raja-raja untuk menyelenggarakan pesta.Lama-kelamaan, istilah etiquette berkembang maknanya , bukan lagi berarti kartu undangan, tetapi lebih menitikberatkan pada tata cara berbahasa yang sopan, tata cara menerima tamu di rumah atau di kantor serta, sopan santun yang lainnya yang berlaku dalam pergaulan.
Jadi, etiket adalah aturan sopan santun dalam pergaulan yang berdasarkan rasa hormat terhadap orang lain. Dalam buku karangan Lady Troubridge yang berjudul Book of Etiqutte,makna etiket di katakan sebagai berikut:
‘’Etiqutte is, so speak, the key that opens for us the portalsof broader life in which we can find greater social hapiness’’
Etiket adalah suatu kunci membuka pintu gerbang kehidupan yang lebih luas, dimana kita dapat menemukan kebahagiaan pergaulan yang lebih baik.

Etiket dalam Bisnis
Etiket merupakan salah satu sarana penting untuk memperoleh kemajuan dan kesuksesan dalam dunia bisnis. Setiap orang yang terjun dalam dunia bisnis hendaknya mempunyai kemajuan untuk bertindak sopan, baik terhadap atasan dan rekan sekerja, maupun terhadap bawahannya. Betapapun sibuknya kita, tidak ada alasan yang dapat diterima untuk bertindak kasar atau tidak sopan, dimana pun kita berada. Kita perlu memperhatikan perasaan orang lain, sebab orang lain, lain pula pikirannya. Kita juga harus toleran terhadap pendapat orang yang berbeda dengan pendapat kita sendiri.

Manfaat Etiket
Pengatahuan tentang etiket sangat bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan kita mengetahui etiket kita dapat lebih mudah berinteraksi dengan orang lain. Selai itu, kita juga akan (lebih) dihargai, dihormati dan disenangi oleh orang-orang di sekitae kita.
Secara lebih rinci, manfaat etiket dapat dijabarkan sebagai berikut:
-Untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dengan rekan sekerja maupun kenalan dengan teman-teman kita.
-Untuk dapat lebih percaya diri dalam menghadapi orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat
-Untuk meningkatkan citra pribadi maupun citra perusahaan.

Apa yang harus dilakukan agar orang menyukai kita  ?
Agar orang menyukai kita, maka kita perlu memperhatikan sikap-sikap berikut ini:
-Sopan dan ramah kepada siapa saja
-Penuh perhatian terhadap orang lain
-Tidak menyinggung perasaan orang lain
-(Selalu) bersedia membantu
-Memiliki toleransi yang tinggi
-Dapat mengendalikan emosi dalam setiap saat
Singkatnya dapat dikatakan bahwa kita harus selalu berusaha menyenangkan orang lain

Perbedaan Etiket
Dasar dari aturan-aturan yang terkandung dalam etiket berasal dari adat istiadat atau tradisi dari suatu suku atau bangsa tertentu, padahal kehidupan bermasyarakat tidaklah sama dimana-mana.Hal ini menyebabkan etiket di suatu negara/daerah berbeda atau bahkan bertentangan dengan etiket di negara/daerah lainnya.
Jika kita ingin (lebih) berhasil dalam pergaulan, maka selain mengetahui etiket dari negara/daerah sendiri, kita juga harus mengetahui etiket dari negara/daerah lain. Pengetahuan ini akan sangat membantu kita dalam berinteraksi dengan bermacam-macam orang dan dapat menghindarkan terjadinya kesalahpahaman
Fleksibilitas atau keluwesan dalam pergaulan adalah kemampuan seseorang untuk cepat menyesuaikan diri terhadap lingkungan maupun keadaan yang berbeda-beda. Dengan demikian ia dapat diterima dengan baik oleh orang lain.

Kesan Pertama
Membuat kesan pertama yang baik sangatlah penting sebab orang pada umumnya menilai kita berdasarkan kesan pertama kita terhadapnya, yaitu berupa:
-Penampilan
-Ekspresi wajah (senyum)
-Personal contact (cara jabat tangan)
-Cara bicara
-Suara
Dalam pergaulan, kontak pertama dengan seseorang baru terjadi pada saat berkenalan.

Cara berkenalan
Ketika berkenalan dengan seseorang, baik itu memperkenalkan diri maupun diperkenalkan orang lain, perhatikanlah hal-hal berikut ini:
-Yang muda diperkenalkan kepada yang lebih tua
 -Pria diperkenalkan kepada wanita (kecuali jika pria tersebut adalah orang yang harus dihormati, seperti: presiden, menteri, gubernur, tokoh agama, duta besar negara asing, atau jika beliau lebih tua dari wanita).
-Waktu memperkenalkan seseorang, berilah sedikit keterangan mengenai orang yang bersangkutan supaya komunikasi cepat lancar
-Tidak perlu memperkenalkan orang di tempat-tempat umum atau ramai (misal: tempat berbelanja, restoran, lift, bis, tempat ibadah, tempat kedukaan).

Cara Berjabat Tangan
Pada saat kita berjabatan dengan derigan seseorang, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, yaitu:
-Ulurkan tangan
-Jabatlah tangan dengan sedikit menekan
-Tataplah mata
-Senyum
-Tubuh sedikit condong ke depan
-Jika kurang jelas mendengar nama orang, boleh tanya lagi
-Wanita maupun pria yang berusia lebih tua atau berkedudukan lebih tinggi mengulurkan tangannya lebih dulu waktu berkenalan dan ini berlaku sebatas mahromnya
-Wanita tidak usah berdiri waktu berkenalan kepada pria
-Wanita berdiri jika diperkenalkan kepada : 1)Wanita yang lebih tua, 2) Pria yang lebih tua minimal 20 tahun , 3) Pria yang pantas dihormati/disegani.
-Tuan dan nyonya rumah selalu berdiri untuk  menyambut tamu yang baru datang atau tamu yang akan pulang.
Dalam pergaulan, wanita dapat`di dahulukan (ladys first) atau tergantung etika yang disepakati dalam organisasi, akan tetapi di kantor, kedudukan pangkat atau jabatanlah yang menentukan siapa yang harus didahulukan.

Cara Berbicara
Cara kita berbicara adalah sangat penting, baik dalam pergaulan sehari-hari maupun dalam dunia bisnis. Karena itu, pada saat  berbicara kita perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
-Melihat/menatap lawan bicara
-Suara harus jelas terdengar
-Ekspresi wajah yang ceria
-Menggunakan kata bahasa yang baik
-Memberi penjelasan yang singkat dan mudah difahami

Mengusahakan pembicaraan yang menarik.
Berhasil tidaknya pembicaraan kita tergantung pada usaha kita menjadikan pembicaraan itu menarik, makanya kita harus:
-Berkeinginan menuenagkan lawan bicara
-Memiliki pengetahuan umum yang luas, banyak membaca
-Bisa menyesuaikan diri dengan lawan bicara
-Memperhatikan lawan bicara
-Memiliki rasa humor
-Memberi komentar berdasarkan pengetahuan atau pengalaman
-Tahu memberi pujian (compliment)
-Bisa menjadi pendengar yang baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar