Cari Blog Ini

Kamis, 07 Maret 2013

"Chatting" Sambil Berjalan, Berbahaya Loh...


chatting sambil berjalan, berbahaya loh
Berkendara sambil ber gadget ria sudah pasti sangat berbahaya bagi pengendara. Bagaimana jika chatting atau berpesan teks sambil berjalan kaki?? Ternyata juga membahayakan bagi si pejalan kaki dan orang disekitarnya.

“Kami cukup terkejut bahwa berbicara dan berkirim teks melalui ponsel cukup menganggu ingatan dan cara berjalan,” ujar Dr. Eric M. Lamberg, profesor di Health Technology and Management, Stony Brook University.

Lamberg dan timnya meneliti sejumlah partisipan pengguna ponsel berusia 20-an. Mereka dibiarkan asyik dengan ponselnya sambil berjalan hingga jarak 8 meter. Para partisipan mengaku pandangan mereka menjadi terganggu sebab harus terbagi dengan konsentrasi ke layar ponsel. Peserta yang berkirim SMS sambil berjalan menyimpang dari jalur langkah yang sudah ditetapkan sebanyak 61 persen.

Menurut Lamberg, ada area pada otak yang mengontrol fungsi dan perhatian ketika kita berjalan. Ketika partisipan asyik dengan ponselnya sambil berjalan, area ini ikut terpengaruh.

Rekan Lamberg, Dr. Lisa Muratori, profesor  dari bagian terapi fisik Stony Brook menyatakan bahwa studi ini menjelaskan mekanisme yang menyebabkan orang sulit berjalan sembari menelepon secara simultan. “Orang harus waspada bahwa berjalan sambil berkirim teks atau berbicara di ponsel sangat berimbas pada keamanan mereka,” ujar Lamberg.

Studi lain yang cukup memperkuat penelitian ini dilakukan oleh Jack Nasar, profesor dari Ohio State University. Ia menemukan bahwa pejalan kaki yang berbicara dan berkirim teks di ponsel lebih sering secara tak sengaja berjalan di depan mobil.

Nasar menemukan, lebih dari 250 orang ada di ruang darurat rumah sakit hanya gara-gara keasyikan menggunakan ponsel atau perangkat mobile lain ketika di jalanan.

Bagaimana, masih nekad berponsel-ria saat di jalanan?
Sumber : ictwatch.com/internetsehat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar