Cari Blog Ini

Senin, 06 Januari 2014

LEWATI MALAM TAHUN BARU LDII TEGAL GELAR PENGAJIAN SEMALAM SUNTUK

Sejak sore hari Selasa tanggal 31 Desember 2013 masyarakat seantero dunia telah bersiap-siap menyambut pergantian tahun. Berbagai berbagai acara digelar  untuk menyambut datangnya tahun baru 2014, dari pagelaran musik hingga kegiatan lain yang bertujuan meluapkan kegembiraan menyambut tahun baru. Tidak ketinggalan para remaja yang notabene memiliki gejolak emosi yang tinggi, sejak terbit matahari telah keluar rumah menuju titik-titik keramaian di tengah kota. Tidak heran apabila jalan-jalan telah penuh sesak dengan kendaraan.

Namun tidak demikian dengan para remaja yang aktif di organisasi kemasyarakatan Lembaga Dawah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Tegal. Sebagaimana yang telah dilaksanakan secara rutin beberapa tahun terakhir, untuk melewati malam tahun baru 2014 kembali  LDII Kabupaten Tegal menyelenggarakan Pengajian Semalam Suntuk bagi Remaja. Kegiatan yang melibatkan sekitar 600 remaja tersebut dilaksanakan di dua tempat, di Masjid Al Kautsar Temboklor  Kec.  Adiwerna dan masjid Al Huda Bogares Kidul Kec. Pangkah.

Orang tua sangat mendukung prakarsa para pengurus LDII dalam mengantisipasi kerawanan yang sering terjadi pada saat pergantian tahun tersebut. Sebagai bukti dukungan, mereka rela mengantar putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan.

Kegiatan diawali dengan sholat Maghrib berjamaah, dilanjutkan sambutan pengarahan panitia hingga sholat Isya’. Setelah makan malam dilanjutkan pengajian makna Al Qur’an dan Al Hadits. Materi pengajian yang disampaikan tentang berbuat baik kepada orang tua (birrul walidain).  Betapa penting materi ini, mengingat adanya kecenderungan para remaja yang kurang menghormati orang tuanya. Hal ini sebagai dampak pengaruh budaya asing yang menganggap orang tua hanya sebatas perantara lahirnya seseorang di dunia.

Acara dilanjutkan nasihat agama oleh pembina hingga jam 23.00. Setelah itu dilanjutkan permainan-permainan yang mendidik, tukar kado, kuis dan pembagian hadiah. Pukul 01.00 dini hari para peserta diberi waktu istirahat hingga pukul 02.00 dibangunkan untuk qiyamul lail dan doa malam. Seluruh acara berakhir setelah sholat subuh dan doa.

Sebagaimana disampaikan  Ketua DPD LDII Kabupaten Tegal, Drs. H. Walidi, MM, kegiatan yang digelar secara rutin setiap tahun tersebut bertujuan untuk memberikan pembelajaran kepada generasi muda agar dapat memanfaatkan momentum pergantian tahun sebagai saat yang tepat untuk merefleksikan kehidupan manusia di dunia. Betapapun kehidupan ini akan terus berlanjut, dan waktu berjalan bagai anak panah yang terlepas dari busurnya. Tahun 2013, 2012, 2011, dan seterusnya tidak mungkin bisa kembali. Oleh sebab itu, manusia harus bisa memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat. Sebagaimana pepatah “Time and tide wait for no man” (waktu dan pasang tidak menunggu seseorang). Demikian halnya Alloh SWT telah mengingatkan kepada kita dalam Al Qur’an Surat Al ‘Ashr,  yang artinya : Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Kegiatan tersebut  juga dimaksudkan untuk memberikan kegiatan positif bagi remaja dalam pergantian tahun baru. Tahun baru tidak harus dilaksanakan dengan hura-hura yang  membahayakan dirinya dan orang lain seperti kebut-kebutan di jalan, maupun kegiatan yang menjurus pada kemaksiatan, seperti pesta narkoba, miras dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar